Yamaha MT-09 Model 2021 Dikabarkan Pakai Mesin Baru

2020-10-20 | 84x
Yamaha MT-09 Model 2021 Dikabarkan Pakai Mesin Baru

Yamaha dikabarkan tengah menyiapkan model terbaru dari MT-09. Konon model anyar ini mendapat sentuhan baru di sektor mesin guna menyesuaikan dengan regulasi Euro 5.  Jantung pacu itu disinyalir meningkat dari 847 cc yang ada saat ini menjadi 890 cc. Tenaga maksimumnya pun bertambah menjadi 118 Hp dari sebelumnya 115 Hp.

Informasi itu datang dari Federal Motor Transport Authority Jerman. Kabarnya mereka telah menerbitkan hasil uji emisi untuk sepeda motor Yamaha dengan kode model MTN890D. Sandi itu menunjukkan perpindahan kapasitas motor dari 847 cc menjadi 890 cc. Pasalnya, kalau mengikuti nomenklatur khas Yamaha untuk keluarga MT series, menggunakan MTN850. Sama halnya dengan MT-07 silinder ganda bervolume 689 cc yang menggunakan MTN690. Dan MT-10 berkapasitas 998 cc yang juga memiliki kode MTN1000.

Menurut logika ini, kita dapat menyimpulkan bahwa MTN890D mengacu pada MT-09 baru atau lebih khusus lagi. Namun ada kemungkinan juga kalau huruf D di belakang mengacu pada versi SP. Berarti itu ada penambahan varian baru. Data pengujian MTN890 mencantumkan memiliki output 88 kW (118 hp). Mesin disetel agar sesuai dengan standar Euro5 dan menghasilkan emisi lebih sedikit.

Tercatat menyemburkan 366 mg / km karbon monoksida (CO), 34 mg / km hidrokarbon tidak terbakar (HC), dan 9 mg / km oksida nitrogen (NOx). Angka-angka itu tentu tidak sebanding dengan mesin 847 cc yang mengklaim 85 kW (114 hp), 525 mg / km CO, 103 mg / km HC dan 40 mg / km NOx. Namun hingga saat ini belum bisa diketahui secara pasti perpindahan mesinnya. Meski nama kode menunjukkan itu mendekati 890 cc. Meningkatnya kapasitas adalah salah satu metode yang digunakan pabrikan agar model mereka memenuhi Euro 5.

Contohnya pabrikan Jepang lain seperti Honda dengan Africa Twin CRF1100L yang kapasitasnya meningkat. Dari yang sebelumnya 998 cc menjadi 1.100 cc. Begitu pula dengan Ducati Multistrada 1260 dan BMW R1250. Biasanya kontrol emisi yang lebih ketat berdampak negatif pada kinerja, jadi pabrikan menebusnya dengan meningkatkan ukuran mesin.

Performa

Hal ini memang tidak selalu diperlukan, tetapi untuk segmen yang lebih kompetitif, jauh lebih mudah untuk memasarkan mesin baru. Apalagi dengan penawaran tenaga yang lebih tinnggi dibanding model lama. Sejauh ini cukup menarik melihat perubahan lain yang sedang direncanakan Yamaha untuk menyiapkan model Euro 5. Apalagi semua sepeda motor baru di akhir tahun ini sudah wajib mematuhi regulasi emisi ramah lingkungan untuk pasar Eropa.

Hingga sekarang, satu-satunya model Yamaha yang dapat verifikasi untuk memenuhi Euro 5 adalah sport bike YZF-R1, Tracer 700, dan TMax serta MT-125 menurut hasil tes emisi di Jerman. Tentu kita juga semua berharap kalau MT-10, MT-07 dan T?n?r? 700 juga bisa memperkecil kadar bahan pencemar yang dihasilkan kendaraan bermotor. Saat ini, baru MT-09 saja yang diberitakan menerima mesin baru, meski belum terkonfirmasi secara resmi dari pabrikan.

Tetapi setidaknya ada model Yamaha lain yang menggunakan mesin tiga silinder, seperti Tracer 900, XSR900, dan Niken yang segera menerima pembaruan serupa. Karena lini produk itu berbagi mesin yang sama dan mereka juga belum memenuhi standar baru. Untuk diketahui, Yamaha MT-09 yang saat ini berbedar mengusung mesin 847 cc 4-stroke, DOHC, 12 Valves, berpendingin cairan. Diameter x langkah 78 x 59,1 mm dan kompresi 11,5 : 1. Dirinya mampu menghasilkan tenaga sebesar 115 Hp pada 10.000 rpm dan torsi 87,5 Nm di 8.500 rpm.

Ia memiliki memiliki tiga mode berkendara. Pertama Mode Standard yang sesuai untuk berbagai kondisi jalan, Mode A untuk mendapatkan respon mesin yang lebih cepat pada rpm rendah sampai medium, dan Mode B untuk respon yang lebih lembut.

Fitur-Fitur

Untuk kenyamanan berkendara dibenamkan fitur quick shifter system dan assist sliper clutchQuick Shift System (QSS) memberikan upshift lebih halus dan lebih responsif. Dan Assist & Sliper Clutch yang meningkatkan stabilitas sasis saat pengendara menurunkan gigi dengan cepat. Kemudian ada Traction Control System (TCS) dan pengereman ABS yang menciptakan pengendalian luar biasa, sehingga siapapun yang mengendarai motor ini bakal jauh lebih nyaman karena ban dijamin bakal anti slip.

Ditunjang pula dengan suspensi Upside Down Full Adjustable yang menjadikan handling lebih sempurna, motor lebih stabil, dan terlihat semakin gagah saat berkendara. Yamaha juga membenamkan Yamaha Chip Controlled Throttle (YCCT), yakni sistem kontrol throttle (fly by wire) yang berfungsi mengatur jumlah udara yang masuk ke mesin lebih presisi atau sesuai kebutuhan agar performa maksimal.

Untuk pasar Indonesia, motor Jepang ini dijual Rp 290 juta dan ditawarkan dalam tiga pilihan warna, ada Ice Fluo, Tech Black dan Icon Blue. 

Sumber: Oto.com

 


Sumber : liputan6.com






baf imfi mandala finance wom finance