Yamaha Eropa Makin Serius Garap Motor Listrik

2020-10-19 | 86x
Yamaha Eropa Makin Serius Garap Motor Listrik

Yamaha Motor Europe NV (YMENV) makin serius menggarap kendaraan listrik. Hal itu dibuktikan dengan memperkuat kemitraan strategis mereka dengan Fantic Motor.

Mereka disatukan dalam kesepakatan baru yang memungkinkan kedua perusahaan untuk berinvestasi dan mengembangkan mobilitas perkotaan dan sepeda motor bertenaga listrik.

Penguatan kemitraan strategis ini sebenarnya didasarkan dari Fantic Motor yang ingin mengakuisisi 100 persen saham Motori Minarelli Spa pada akhir 2020. Motori Minarelli sendiri merupakan pemasok mesin bersejarah yang dimiliki oleh Yamaha Motor.

Semantara Fantic dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi dan menjual sepeda motor dan e-bikes di Italia.

Kemitraan keduanya memungkinkan untuk memperluas pengetahuan di bidang mesin dan powertrain listrik serta jangkauan produksinya di segmen e-mobilitas.

Sebagai hasil dari akuisisi ini, Fantic bakal mendapatkan keuntungan dari Motori Minarelli. Mulai dari tenaga kerja yang terampil, aset industri yang diperbarui untuk mendukung pertumbuhannya, peningkatan kapasitas Industri dan R&D, dan akses ke mesin dan komponen Yamaha tertentu dengan teknologi terbaru.

Di lain sisi, fasilitas industri Motori Minarelli juga di modernisasi serta memberi mereka akses ke mesin pilihan Yamaha dan komponen lainnya.

Operasi ini juga sejalan dengan strategi manufaktur mesin Yamaha Motor global yang telah berjalan. Memanfaatkan peningkatan efisiensi melalui penerapan platform mesin dan mengoptimalisasi kapasitas produksi.

Rencana Bisnis Baru

Kemitraan jangka panjang antara Yamaha Motor dan Fantic Motor juga bisa menciptakan kondisi untuk transisi yang mulus ke rencana bisnis baru.

Itu juga memungkinkan Motori Minarelli untuk melanjutkan misinya dalam memasok mesin dan mendukung pelanggannya. Tentu dengan inovasi dan menerapkan teknologi baru serta memperluas operasi dan jangkauan pasokannya di masa depan.

Kesepakatan yang dimaksudkan dapat diselesaikan pada akhir tahun sesuai dengan penyelesaian konsultasi European Works Council (EWC) atau Dewan Pekerjaan Eropa dengan Yamaha Motor Eropa.

Fantic Motor sekarang memiliki lebih dari 120 karyawan di dua lokasi produksi, di Quinto dan Santa Maria di Sala di Treviso dengan omset 43 juta Euro per bulan.

Dengan pembentukan grup yang baru ini, diprediksi bisa meraup keuntungan lebih dari 100 juta euro dari penggabungan 300 karyawan di tiga pabrik.

Sementara MM memproduksi sepeda motor berukuran 50 cc hingga 400 cc sebanyak 80.000 per tahun. Ia juga menjadi pemasok mesin ke MBK Industrie SAS (Prancis), anak perusahaan manufaktur sepeda motor Yamaha di Eropa dan ke produsen sepeda motor lain di Eropa, termasuk Fantic sejak 1970. 

Tentang Fantic Motor

Untuk diketahui, Fantic Motor adalah pabrikan spesialis yang menawarkan motor klasik khas Italia, seperti cafe racer berkapasitas kecil hingga menengah dan scrambler.

Selain itu mereka juga dikenal sebagai pencipta produk motor enduro / trail / motocross dengan gaya yang khas.

Produk Fantic yang menggunakan basis dari mesin dan sasis Yamaha yakni XE125. Jantung pacu dan rangkanya diambil dari Yamaha YZ125X tapi dibalut dengan plastik bodywork yang berbeda, diberi headlight, tail light, hand guard, dan berbagai macam aksesori lainnya sehingga jauh lebih tampak seperti motor enduro tulen.

Produk lainnya yaitu motor tipe motocross XX 125 dan XX 250. Keduanya juga mengambil basis dari motor Yamaha. XX 125 mencomot mesin dan sasis milik Yamaha YZ125, sedangkan XX 250 pakai punya Yamaha YZ250. Semuanya pakai mesin 2-tak dan dikhususkan sebagai kendaraan enduro.

Sumber: Oto.com



Sumber : liputan6.com






baf imfi mandala finance wom finance